apa itu perencana keuangan
apa itu perencana keuangan
Foto: www.stocksy.com

Episode #4: Apa Bedanya Perencana Keuangan, Penasihat Keuangan, dan Manajer Investasi?

Podcast

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah skandal yang melibatkan sebuah perusahaan penasihat keuangan dan kasus ini bahkan sampai ke meja hijau. Dan terlepas dari kerugian yang dialami oleh para klien, kejadian ini membuat orang bertanya-tanya apa itu perencana keuangan? Apakah financial planner berbeda dengan penasihat keuangan? Bagaimana pula dengan manajer investasi? Apakah ketiga profesi ini berbeda, atau satu orang bisa merangkap menjadi ketiganya?

Dalam episode podcast LET’S TALK kali ini, LIMONE mengundang Irshad Wicaksono Ma’ruf, seorang personal financial planner, untuk mencari tahu apa itu perencana keuangan dan bagaimana seseorang bisa menjadi perencana keuangan.

Dalam penjelasannya, Irshad mengatakan bahwa seseorang bisa menjadi financial planner, penasihat finansial, atau manajer investasi setelah menempuh proses tertentu dan memiliki lisensi yang dikeluarkan resmi oleh lembaga keuangan tertentu. Dan apakah ketiga profesi ini merupakan sesuatu yang berbeda? Bisa iya, dan bisa juga tidak. Ada faktor tertentu yang harus diperhatikan. Untuk tahu jawabannya, kamu bisa mendengarkan episode podcast LET’S TALK kali ini.

Selain membeberkan perbedaan ketiga profesi tersebut, Irshad menjelaskan tentang penting betapa pentingnya melakukan investigasi kecil-kecilan sebelum menjadi klien seorang perencana keuangan, penasihat finansial, dan manajer investasi. Ini berguna agar tujuan keuanganmu tercapai, duitmu tidak hilang, dan kamu menemukan jasa yang nyaman dan aman. Pasalnya, tidak mau ‘kan duit kamu hilang dan raib tanpa hasil yang memuaskan?

Penasaran apa saja pekerjaan rumah yang kamu lakukan sebelum menggunakan jasa seorang perencana keuangan, penasihat finansial atau manajer investasi? Dan apa yang harus kamu perhatikan sebelum menandatangani surat kerjasama dengan mereka. Yep, ada beberapa tanda yang bisa memperlihatkan apakah penasihat keuangan tersebut bisa dipercaya. Jadi, silakan mendengarkan podcast LET’S TALK.

Jangan lupa subscribe podcast LET’S TALK untuk memastikan kamu tidak pernah ketinggalan episode-episode terbaru dengan topik-topik yang menarik dan relevan yang menghadirkan narasumber yang terpercaya.

Selanjutnya: Apakah termasuk generasi sandwich? Lakukan ini agar kondisi keuanganmu lancar meski banyak tanggungan.

podcast button