Berbagai Hal Baik Ini Terjadi untuk Planet Bumi Selama 2019

aksi ramah lingkungan
Foto: www.istockphoto.com

Mungkin terasa seperti ratusan juta tahun cahaya yang lalu, tapi 2019 baru berlalu empat bulan—dan ada banyak hal baik, aksi ramah lingkungan, yang terjadi kepada planet Bumi tahun ini. Tidak percaya? Dalam rangka memperingati hari Bumi, berikut beberapa hal baik, positif dan aksi ramah lingkungan yang sudah dilakukan untuk planet tercinta ini tahun lalu. Ohya, jangan lupa matikan lampu dan cabut charger ponselmu jika baterainya sudah penuh, ya.

Anak-anak di Seluruh Dunia Menjadi Aktivis

Greta Thunberg berhasil mendorong jutaan anak di 123 negara untuk melewatkan sekolah pada 15 Maret 2019. Dengan mengusung banner bertuliskan “Listen to our warning: Stop global warming” dan “Don’t mess with my future,” anak-anak ini mengingatkan seluruh pemerintah untuk hati-hati menggunakan bahan bakar fosil dan menjaga planet agar lebih aman untuk generasi mereka.

Jakarta Melarang Penggunaan Sampah Plastik

Mengikuti beberapa daerah lain di Indonesia yang sudah melakukannya, Jakarta akhirnya resmi mengeluarkan peraturan gubernur tentang larangan kantong plastik sekali pakai di mal, swalayan hingga pasar. Larangan ini ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 27 Desember dan efektif berlaku mulai Juli 2020.

Solar dan Kincir Angin Menjadi Lebih Terkenal

Resmi: sepertiga energi di dunia ini asalnya dari sumber-sumber yang bisa diperbaharui. Dan sumber energi ini jauh lebih murah dibandingkan produksi batu bara (lebih mahal 75%).

Pemerintah Uni Eropa Melarang 10 Jenis plastik Sekali Pakai

Dalam rangka mengurangi masalah plastik di laut (yang makin hari makin parah), Uni Eropa setuju untuk melarang penggunaan 10 jenis plastik sekali pakai di negara-negara anggotanya mulai 2021. Hal ini termasuk sedotan, piring, dan peralatan makan lainnya. Selain itu, Uni Eropa sedang menguji coba inisiatif “pembuat kotor membayar”, yakni perusahaan-perusahaan rokok harus membiayai petugas pembersih untuk membersihkan buntung rokok di area publik. Sedap!

Semakin Banyak Merek Mode Berkomitmen Menjadi Lebih Sustainable

Tahun lalu Ralph Lauren merilis koleksi Earth Polo yang semuanya terbuat dari plastik yang sudah didaur ulang. Sementara H&M mulai menjual barang-barang second-hand dan vintage clothing mulai April 2019. Sementara merek sneakers favoritmu, Adidas, meluncurkan Futurecraft.Loop, sepatu lari dari 100% bahan yang bisa didaur ulang. Dan, berbagai koleksi dan merek-merek fashion sustainable memenuhi panggung fashion week tahun lalu, mulai dari Paris, New York, London, sampai Jakarta.

Etopia Menanam Lebih dari 350 juta Pohon dalam Sehari

Etopia menorehkan rekor dunia karena berhasil menanam lebih dari 350 juta pohon dalam waktu 12 jam pada 29 Juli 2019. Angka ini melebihi dari target awal, yakni 200 juta dalam sehari. Sejumlah sukarelawan ikut ambil bagian dalam insiatif yang diberi nama “Green Legacy“, sebuah program yang bertujuan untuk menanami kembali lahan kosong di negara tersebut.

Selanjutnya: ini daftar sneakers, yang tidak hanya keren tapi juga ramah lingkungan.

podcast button