Ini Adalah Petuah yang Perlu Kamu Ingat agar Karier Sukses

Foto: www.stocksy.com

Apa taktikmu dalam hal “panker”—panjat karier? Cara tiap orang untuk memiliki jenjang karier yang terus berkembang bisa jadi berbeda, tapi Raghav Haran, seorang entrepreneur yang mendirikan Land Any Job You Want, sebuah situs yang menyediakan strategi-strategi karier yang jitu, percaya bahwa ada rahasia agar karier sukses.

Dalam sebuah artikel di Quartz, Haran membagikan tips yang didapatkannya dari pengalaman pribadi. Berikut beberapa trik karier yang menurutnya harus kamu ketahui.

Pilih bos, bukan perusahaan

Bekerja di perusahaan besar memang mimpi banyak orang (ehem… apalagi jika kamu #lulusanuniversitasternama). Namun, menurut Haran yang juga perlu kamu perhatikan saat memilih kantor adalah seperti apa orang yang akan menjadi mentormu. Pasalnya, “punya mentor tepat adalah kunci keberhasilan” tulisnya.

Kualifikasi itu sesuatu yang bisa dinegosiasikan

Siapa yang pernah melihat sebuah lowongan pekerjaan dan job requirement yang dipaparkan terkesan seperti ‘bahkan Superman belum tentu sehebat itu’? “Ada banyak hal di dalam hidup yang membuat kita berpikir ‘tidak bisa dinegosiasikan’, tapi pada kenyataannya ada jalan tengahnya,” kata Haran. Misalkan kamu ingin melamar sebuah posisi di departemen desain, Haran menyarankan untuk langsung mengirimkan ide-ide desainmu ke kepala departemennya alih-alih memasukkan resume. Kemungkinan besar dia akan membacanya di hari yang sama dan menghubungimu untuk wawancara!

Gaji memang penting, tapi bukan segalanya

Haran wanti-wanti untuk tidak memilih karier berdasarkan “standar gaji”. Soalnya, “orang yang bekerja keras untuk menjadi yang terbaik biasanya memiliki sesuatu yang lebih berharga daripada uang dan kesuksesan.” Intinya, “kerja sesuai dengan apa yang kamu sukai dan lakukan yang terbaik. Sisanya akan datang dengan sendirinya.”

Tetap belajar

Haran menyimpulkan bahwa satu prinsip yang membuat orang bisa sukses adalah tidak pernah berhenti belajar. “Orang-orang yang berhasil biasanya membaca paling tidak satu buku satu minggu. Mereka mendengarkan podcast. Pergi ke konferensi. Membaca jurnal-jurnal penelitian. Berdiskusi dengan orang lain yang juga melakukan agenda besar.”

Well, bagaimana pendapatmu? Apakah empat hal tersebut akan bisa membantu agar karier kamu sukses?

Selanjutnya: Itu cara agar karier sukses. Apakah motivasi kerjamu sedang di titik nol? Psikolog ini membedah mengapa motivasi kerja hilang dan bagaimana mengembalikannya.

podcast button