A-Z Istilah Dating yang Harus Kamu Tahu

Foto: www.shutterstock.com

Lupakan masa-masa pedekate lengkap dengan malam minggu dan ngobrol sambil berbusa—sekarang ini adalah era zombie dan hantu di dunia percintaan! Horor. Yep.

Yeah, it’s 2019 dan sistem perkencanan pun ikutan super canggih. Kemungkinan besar kamu akan mengalami fase-fase yang super membingungkan (bahkan bisa membuat rambut Einstein lurus), apalagi jika berkenalan dengan seseorang lewat Tinder, OkCupid, Happn, dkk . Dan hebatnya lagi, fase-fase yang bikin keriput bertambah itu (untung ada Retinol!) ada istilahnya. Yep. Untuk kesehatan hati, pikiran dan waktu, ada baiknya kamu mengetahui istilah-istilah dating versi dunia modern ini. Kenali ciri-cirinya dan ucapkan sayonara A.S.A.P.

B untuk Benching

Pernah merasa seseorang yang sedang kamu kencani juga sepertinya sedang dekat dengan orang lain? Well, selamat… kamu sedang di-benci benching. Intinya, bagi dia kamu adalah plan B atau D, sama sekali bukan pilihan pertama.

B untuk Breadcrumbing

Artinya, seseorang (atau kamu) rajin mengirim pesan-pesan manja tapi non-commital untuk membuat pihak lain tidak ke mana-mana. Istilah jaman dulunya “tarik ulur” atau “tidak mau kehilangan fans.” Ibaratnya, si dia (atau kamu) sengaja meninggalkan remahan roti agar dia mengikuti dari belakang.

C untuk Cookie Jarring

(Kenapa sih, istilahnya banyak berhubungan dengan pastry?). Istilah ini menggambarkan seseorang yang meski sedang dekat dengan si A dalam waktu yang cukup lama, tapi mulai mendekati orang lain. Tujuannya, jaga-jaga jika ada sesuatu yang salah dengan si A.

G untuk Ghosting

Kamu mungkin pernah mendengar ini, atau menjadi korban—atau malah pelakunya (tanpa sadar). Ini artinya seseorang yang sedang berkencan denganmu sering kali memutus kontak, tanpa mengirimkan notifikasi! Terdengar menyebalkan, tapi tergantung situasi, sih. Jika pada kopi darat pertama memang tidak cocok, mungkin ini adalah cara menghilang yang masuk akal.

H untuk Haunting

Ini lebih parah—dan menyebalkan dari “ghosting“. Alih-alih menghilang dari peredaran, para ‘haunter‘ ini meluncurkan operasi investigasi mata-mata di semua media sosialmu tanpa berusaha berkomunikasi atau melakukan kontak apa pun. Boo!

O untuk Orbiting

Ketika “hubungan” berakhir tanpa kejelasan, atau sebenarnya sama sekali tidak ada “hubungan”, tapi seseorang tetap “like” foto-fotomu di Instagram dan berkomunikasi secara pasif. Tujuannya: agar kamu tidak melupakan dia! Siaaal!

P untuk Pocketing

Ah, yang satu ini mungkin sedang kamu alami? Jika kamu tidak pernah dikenalkan dengan teman atau keluarganya bahkan setelah berbulan-bulan pacaran, nah… artinya kamu sedang menjadi korban pocketing. Ciri-ciri seorang pocket-er: mereka hanya punya waktu ketika mereka ingin nongkrong atau saat jadwal mereka kosong. Spesies ini berbahaya bagi kesehatan hati dan jiwa, jadi lebih baik katakan… buh-bye, ferguso!

P untuk Prowling

Akhirnya, kamu merasa sepertinya sudah menemukan belahan jiwa. Pokoknya, segalanya cocok (bahkan secara zodiak pun, kamu dan dia adalah pasangan ideal). Eh, tiba-tiba dia menghilang selama berhari-hari tanpa kabar dan pesan. Bingung? Eh, belum pulih dari rasa shock, tiba-tiba dia muncul lagi dan bersikap seolah-olah sedang terkena amnesia (baca: lugu). Layaknya seorang prowler, mereka sangat bersemangat memburu, mempermainkan emosi tapi kemudian raib ditelan awan.

S untuk Side-Barring

Yang satu ini super menyebalkan: kalian sedang berkencan, tapi si dia lebih perhatian terhadap handphone-nya. Kamu sangat diijinkan untuk mengucapkan kalimat ini kepadanya: Get a room with your phone and get out!

S untuk Stashing

Ibarat orang yang sedang diet dan sembunyi-sembunyi makan Chitato, atau penggemar rock mendengarkan Westlife— si dia juga melakukan hal ini kepadamu. Baginya kamu adalah guilty pleasure, sesuatu yang membuatnya malu dan harus disembunyikan. Jadinya, kamu tidak akan pernah dikenalkan kepada teman atau keluarganya.

Z untuk Zombie-ing

Berbeda dengan ghosting, yang satu ini berarti seseorang tiba-tiba muncul lagi dan bertingkah laku seolah-olah tidak terjadi apa pun. All is cool. Persis hantu yang bangkit dari kubur, menjadi zombie tapi masih berpikir dirinya manusia biasa. Menyebalkan! Dasar zombie gila!

podcast button