Mudah Ditiru: Ini 8 Inspirasi Hair Bun Agar Makin Cantik

8 model hair bun
Foto: www.pexels.com

Hair bun merupakan salah satu gaya rambut yang sering dipakai oleh banyak perempuan.

Gaya rambut ini tidak akan memberikan kesan yang membosankan, justru akan membuat penampilan lebih menarik. Selain itu, menggunakan gaya rambut seperti ini juga tidak akan membuat gerah dan ribet.

Hair bun memiliki banyak model yang dapat dicoba, mulai dari model klasik hingga kepang. Ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan acara.

Untuk itu, bagi kamu yang sedang mencari gaya hair bun, berikut sederet inspirasi yang dapat kamu coba.

Half Up Bun

8 model hair bun
Foto: www.pinterest.com/The Right Hairstyles

Gaya rambut pertama adalah half up bun. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat half up bun.

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mengikat sebagian rambut menggunakan karet rambut.

Setelah itu, kepang rambut di bagian yang tadi diikat, lalu tarik sedikit kepangan ke luar agar memberikan kesan sedikit berantakan.

Selanjutnya, gulung rambut satu kali lalu beri bobby pin untuk mempertahankan bentuk rambut.

Classic Bun

Foto: www.pinterest.com/Beauty by Haley Garber

Gaya rambut bun satu ini cocok digunakan untuk acara-acara formal, seperti kondangan, wisuda, bridesmaid, bahkan untuk acara pernikahan.

Membuat gaya rambut seperti ini sangat mudah, kamu cukup menyisir rambut agar rapi, lalu ikat rambut menggunakan karet. Setelah itu, putar rambut lalu gulung semua rambut.

Untuk mempertahankan bentuk rambut, kamu perlu menggunakan bobby pin yang diselipkan ke bagian dalam rambut, serta gunakan hairspray agar rambut tetap stay.

Untuk membuatnya semakin cantik, kamu dapat melonggarkan sedikit rambut, serta beri sedikit poni. Selain itu, gunakan jepitan bentuk bunga agar rambut tidak terlalu polos.

Braid Bun

8 model hair bun
Foto: www.pinterest.com/Jen Pinkston – The Effortless Chic

Ada banyak cara untuk membuat braid bun. Cara pertama untu mencoba gaya rambut ini adalah dengan cara kepang rambut menjadi dua bagian.

Setelah itu, masing-masing gulung ke dalam lalu ikat dengan karet. Langkah selanjutnya, masukan satu sisi rambut ke dalam lubang bagian rambut yang lain dan rapikan rambut dengan bobby pin.

Untuk membuatnya semakin cantik, kamu dapat memakai jepitan bunga atau pearl. Cara kedua, bagi rambut menjadi tiga bagian.

Setelah itu, bagain tengah rambut dikuncir lalu gunakan donut bun untuk membuat rambut menjadi bulat sempurna. Tutupi semua bagian donut bun dengan rambut.

Jangan lupa pertahankan bentuk rambut menggunakan bobby pin yang diselipkan ke dalam rambut. Langkah selanjutnya adalah dua bagian sisa tadi dikepang. Setelah itu, gulung ke bagian bawah donut bun.

Untuk membuatnya semakin menarik, kamu dapat memakai jepitan bunga atau pita.

Messy Bun

8 model hair bun
Foto: www.pinterest.com/The Right Hairstyles

Jika kamu tidak punya waktu untuk menata rambut, kamu dapat mencoba gaya messy bun. Gaya rambut satu ini akan membuat penampilan kamu lebih santai namun tetap kece.

Untuk menggunakan gaya rambut messy bun tidaklah sulit, kamu cukup memisahkan sedikit rambut atau poni. Setelah itu, ada dua cara untuk mengikatnya.

Pertama, ikat rambut seperti biasa. Pada ikatan kedua, ikat rambut seperti bentuk jamur.

Setelah itu, lebarkan rambut dan gulung sisa rambut. Gunakan bobby pin agar rambut tidak berantakan dan sedikit kendurkan rambut.

Double Bun

8 model hair bun
Foto: www.pinterest.com/Jackie Wyers🤍

Gaya rambut satu ini akan membuat kesan lucu pada pemakainya. Selain itu, double bun tidak hanya cocok untuk anak-anak saja, melainkan juga cocok untuk orang dewasa.

Untuk bergaya dengan double bun, kamu cukup menyisir rambut terlebih dahulu. Setelah itu, bagi rambut menjadi dua bagian. Ikat sedikit lebih tinggi lalu gulung rambut menggunakan jepitan kecil.

Lebarkan rambut sampai jepitan tidak terlihat, serta gunakan bobby pin untuk membuat rambut tetap melingkar dengan sempurna. Lakukan hal yang sama pada bagian rambut yang satunya.

Kamu bisa mencoba gaya rambut ini dengan model double half bun dengan sisa rambutnya yang diberi sentuhan messy atau curly.

Hair Bun dengan Scarf

Foto: www.pinterest.com/The Right Hairstyles

Jika ingin mencoba gaya hair bun lain, maka kamu dapat menggunakan scarf. Caranya pun juga sangat mudah, yakni kamu hanya perlu mengikat rambut seperti ekor kuda.

Setelah itu, gulung rambut dari bawah sampai ke atas menggunakan scarf. Setelah tergulung sempurna, ikat scarf dengan kencang agar rambut tidak berantakan.

Hair Bun dengan Bandana

Foto: www.pinterest.com/Allwomenstalk – girl rules

Bandana menjadi item yang sering dipakai untuk membuat penampilan menjadi trendi. Kamu dapat menggunakan bandana bersama dengan hair bun.

Untuk membuatnya terlihat lebih cantik, kamu dapat memberikan sentuhan messy pada rambut, serta poni yang dibiarkan menjuntai.

Hair Bun dengan Hair Stick

Foto: www.otosection.com

Membuat hair bun tidak hanya dengan karet rambut atau bobby pin, namun juga dapat menggunakan hair stick.

Cara untuk membuatnya pun juga sangat mudah. Kamu cukup menggulung rambut sampai tidak ada bagian yang tersisa.

Setelah itu, tusuk rambut menggunakan hair stick. Dengan begitu, kamu tidak akan kegerahan atau ribet menguncir rambut ketika sedang bekerja atau sekolah.