5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 22 Januari 2021

Morning Briefing 22 Januari 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

T.G.I.F! Tetap pakai masker, jaga jarak di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar dan teratur. Berikut lima berita terbaru dalam Morning Briefing 22 Januari 2021.

Pembatasan Jawa-Bali Diperpanjang.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan perpanjangan ini karena hasil yang dicapai pada tahap pertama belum maksimal. Pemerintah memutuskan perpanjang terhitung sejak 26 Januari hingga 8 Februari 2020. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan PPKM pada 11-18 Januari 2021 terlihat sebanyak 46 kabupaten/kota mengalami peningkatan kasus aktif. Kemudian, ada 24 kabupaten/kota mengalami penurunan kasus aktif. (Kompas)

Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 ditunda.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2021 yang seharusnya diselenggarakan pada pertengahan tahun ini. Keputusan ini diambil karena berbagai alasan, di antaranya terjadinya tren peningkatan kasus COVID-19 di tengah masyarakat. Target jadwal baru adalah September dan Oktober 2021. (Liputan6)

Update COVID-19 global: vaksin, dan Glastonbury ditiadakan tahun ini.

Otoritas Hungaria menjadi negara pertama Uni Eropa yang menyetujui vaksin Sputnik V (Rusia) dan Oxford/AstraZeneca. Namun untuk penggunaan Oxford/AstraZeneca masih harus menunggu ijin Badan Obat Eropa. Sebuah penelitian baru dari Rockefeller University menemukan bahwa orang yang sudah divaksinasi Moderna dan Pfizer akan memiliki perlindungan terhadap varian baru virus ini. Sementara itu, China akan memberikan 500.000 dosis vaksin Sinopharm sebagai hadiah.

Pejabat kesehatan California memperbolehkan penyedia vaksin untuk kembali memberikan vaksin Moderna setelah seminggu berhenti karena reaksi alergi sejumlah penerima. Jackson Mthembu, seorang menteri dari Afrika Selatan, meninggal karena COVID-19. Penyelenggara Glastonbury mengumumkan pembatalan festival itu untuk dua tahun berturut-turut. Penonton yang sudah membeli tiket akan bisa menggunakannya untuk tahun depan. (CNN)

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 8 Maret 2021

Tokyo Olympic Games tidak dibatalkan.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mendeklarasikan bahwa Olimpiade Tokyo akan tetap berlangsung sesuai jadwal tahun ini. Setelah ditunda tahun lalu karena pandemi, Tokyo akan membuka stadium Olimpiade pada 23 Juli. Meski kasus terus melonjak dan saat ini Jepang menerapkan restriksi, penyelenggara tetap yakin bahwa Olimpiade tetap bisa berlangsung. (The Guardian)

Fitur baru TikTok.

TikTok menguji coba sebuah fitur video tanya jawab baru yang memampukan para pencipta konten untuk merespons pertanyaan penonton mereka secara langsung melalui teks atau video. Fitur ini bisa digunakan di video atau TikTok LIVE, namun masih baru berlaku untuk kreator tertentu. Fitur Q&A seperti ini merupakan salah satu cari terfavorit kreator untuk berhubungan dengan penggemar mereka di media sosial, seperti di Instagram Stories. (TechCrunch)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 22 Januari 2021, jangan lupa mengecek cara mengatasi maag.