3 Hal tentang Kesehatan yang Ternyata Cuma Mitos

Foto: www.freepik.com

Ada banyak hal yang membuatmu tidak bisa tidur nyenyak (“Apakah si dia juga suka?”, atau “Bagaimana cara membayar utang kartu kredit bulan ini”, atau “Kapan ya, bisa ikut jalan-jalan ke Mars,”), tapi tiga hal ini seharusnya tidak membuatmu khawatir. Pasalnya, tiga hal tentang kesehatan ini ternyata mitos! Lantas, mana yang benar? Berikut penjelasan yang dituliskan di sebuah artikel di Insider.

“PENGGANTI GULA ITU LEBIH SEHAT”

Ini adalah tagline yang sering banget kita dengar dan baca. Akan tetapi jangan mau dibohongi! Pasalnya, “Ada anggapan bahwa ada banyak jenis gula, tapi itu hanyalah sebuah mitos,” kata Jennifer Haythe, seorang kardiolog, ke Insider. “Gula merah, gula putih, madu […] pada dasarnya mereka mengandung satu hal: glukosa.” Artinya, sekali gula tetap gula.

“JAUHKAN DIRI DARI GLUTEN”

Salah satu tren pola hidup, tapi sebenarnya (mungkin kamu sudah tahu): gluten-free bukanlah untuk semua orang. Meski gluten (protein yang ditemukan gandum) memang bisa sangat berbahaya bagi mereka yang didiagnosa intolerance atau celiac disease, para ahli sepakat bahwa hal yang sama tidak berlaku bagi mereka yang bisa memprosesnya. Dan meski banyak orang merasa lebih baik setelah berhenti makan gluten, tapi biasanya itu terjadi karena pola makan yang lebih sehat secara general—bukan hanya karena gluten mendadak hilang dari menu harian mereka. Jadi, terkecuali memang memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebenarnya gluten bukanlah sesuatu yang buruk bagimu.

“KAMU PERLU MINUM 8 GELAS AIR PUTIH SETIAP HARI”

Entah darimana asalnya, tapi ini adalah salah satu mitos yang berumur paling panjang. Kondisi hidrasi penting untuk keberlangsungan hidup dan kesehatan optimal? Pasti! Namun, bukan hanya air putih lho, yang bisa menghidrasi badan. “Kita bisa mendapatkan cairan yang dibutuhkan dari minuman lain, seperti teh, kopi, dan buah serta sayuran,” jelas Frida Harju, seorang nutrisionis dari aplikasi kesehatan Lifesum, kepada Insider. Meski memang sangat disarankan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup (dan ini memang sangat sehat), tapi tidak ada bukti ilmiah yang menguatkan teori “minum air delapan gelas sehari”.

Hm, ternyata begitu. Menurutmu, mitos apa yang selama ini didengungkan oleh setiap orang, tapi sebenarnya keliru? Bagikan pengalamanmu di bagian komentar, ya.

podcast button