12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Kuliner khas Indonesia rasanya memang tidak akan pernah habis, baik itu makanan tradisional atau hidangan unik yang baru bermunculan. Namun dari semua itu, ada makanan yang enak dan digemari oleh banyak kalangan karena memiliki rasa khas.

Mulai dari opor ayam, sate, hingga martabak, berikut sederet makanan yang enak dan tidak pernah lekang oleh waktu dan selalu menjadi favorit banyak orang.

Sambal

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.pinterest.com/Nur Siah

Salah satu pelengkap hidangan ini digemari oleh banyak orang karena memiliki rasa pedas dan bisa membuat makanan terasa lebih nikmat.

Mengingat bahwa ada berbagai jenis sambal khas Indonesia, maka penggemar makanan pedas wajib untuk mencicipi seluruhnya.

Mulai dari sambal matah yang menggabungkan bahan-bahan sambal dengan minyak panas, atau sambal terasi yang terbuat dari fermentasi udang rebon dengan bau yang cukup kuat.

Ada juga sambal dabu-dabu, sambal ijo, hingga sambal roa yang sering dicocol dengan pisang goreng.

Tak ketinggalan, beberapa daerah juga mencampurkan sambal dengan buah yang asam, seperti mangga muda.

Opor Ayam

Opor Ayam | | 12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang
Foto: www.pinterest.com/IREQ BLOG

Rekomendasi makanan yang enak selanjutnya adalah opor ayam. Sajian ini menjadi sangat unik karena sangat khas dengan perayaan Hari Raya Idulfitri. 

Ayam yang direbus dengan tambahan bumbu kental dari santan dan berbagai rempah-rempah seperti serai, kencur, dan lainnya, menjadikan makanan ini bercita rasa yang sangat lezat. Apalagi jika disajikan dengan ketupat dan sambal goreng hati.

Kuliner khas Indonesia yang satu ini dipercaya telah ada sejak berabad-abad silam. Kamu bisa menemukannya di berbagai restoran atau membuatnya sendiri di rumah.

Rendang

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.pinterest.com/Ancy Alexander

Berasal dari kota Padang, rendang menjadi makanan yang enak dan telah populer hingga ke seluruh dunia.

Pada dasarnya, proses memasak rendang sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, alhasil tidak heran jika cita rasa dari makanan ini sangat empuk dan khas.

Biasanya daging akan dimasak menggunakan santan dan aneka rempah-rempah khas Indonesia, sehingga rasanya sangat kuat. Selain itu, rendang juga terkenal menjadi makanan yang tahan lama dan dapat bertahan berminggu-minggu.

Beruntungnya rendang bisa ditemukan dengan mudah, karena kamu hanya perlu mengunjungi rumah makan Padang. Tidak ada salahnya juga untuk membuatnya sendiri di rumah jika kamu memiliki waktu luang.

Olahan Bebek

Olahan Bebek | | 12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang
Foto: www.pinterest.com/kintamani.id

Ada berbagai olahan bebek yang bisa kamu temukan di Indonesia. Meski daging bebek dianggap memiliki kolesterol yang tinggi, namun banyak pecinta bebek yang senang mengonsumsinya.

Salah satunya adalah bebek betutu, kuliner khas Bali yang disukai oleh banyak orang. Hampir sama dengan pengolahan ayam betutu, hidangan ini menggunakan bumbu rempah yang khas dan dibungkuss dengan daun pisang kemudian dipanggang.

Uniknya, bebek yang satu ini memiliki rasa yang sedikit pedas dan sangat nikmat. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama sepiring nasi dan sambal matah.

Sate

Sate | | 12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang
Foto: www.pinterest.com/Sabrina Siregar

Tusukan daging yang dibakar serta disajikan dengan bumbu kacang ini menjadi makanan populer yang ada di Indonesia.

Uniknya, beberapa daerah memiliki masing-masing versi dari sate, mulai dari sate padang, sate lilit khas Bali, hingga sate maranggi.

Biasanya, ada atau tidaknya bumbu kacang menjadi hal yang membuat sate ini berbeda di setiap daerahnya.

Seperti pada sate padang yang lebih memilih untuk menambahkan bumbu kuning kental yang terbuat dari tepung beras, kaldu sapi, serta rempah-rempah, atau lilit yang berisi kepalan daging giling yang ditusuk pada batang serai.

Karena banyaknya pilihan jenis sate yang ada di Indonesia, kamu bisa menikmati semuanya secara bergantian. 

Bakso

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.pinterest.com/Gin Gin

Hidangan berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung dan daging sapi ini menjadi sajian yang populer di Indonesia. Apalagi mengingat bahwa hidangan ini memiliki berbagai jenis dan berbeda di tiap daerahnya.

Salah satu yang paling terkenal adalah bakso malang yang terdiri rasi bakso urat, tahu rebus, siomay rebus, bakso goreng, hingga pangsit goreng. Tidak lupa siraman kuah kaldu yang gurih juga melengkapi hidangan yang satu ini.

Selain terbuat dari daging, ada juga bakso aci yang terbuat dari tepung tapioka. Biasanya jenis bakso yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki isian di dalamnya, mulai dari keju hingga cabai rawit.

Soto

Soto | | 12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang
Foto: www.pinterest.com/Dongeng Anak Nusantara

Makanan yang berkuah ini memang menjadi hidangan khas Indonesia, terlebih lagi hampir setiap daerah memiliki soto khasnya masing-masing.

Seperti soto khas Lamongan yang terbuat dari daging ayam kampung, telur rubus, kecambah, bihun, irisan kol, dan perasan air jeruk nipis.

Tak hanya itu, ada juga soto khas Betawi yang sangat populer. Biasanya hidangan ini berisi jeroan, kentang, wortel, bawang putih, bawang merah, kapulaga, dan kayu manis, kemudian ditaburi dengan bawang goreng di atasnya.

Soto akan sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat dan perkedel kentang. Tak lupa, hidangkan juga teh hangat sebagai pelengkap.

Nasi Uduk

Nasi Uduk | | 12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang
Foto: www.canva.com

Di Indonesia, nasi memang menjadi makanan pokok yang dikonsumsi oleh banyak orang. Bahkan tidak jarang masyarakat merasa “belum makan” jika belum mendapatkan asupan nasi.

Beruntungnya, ada banyak sajian nasi khas Indonesia yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah nasi uduk khas Betawi yang sering dinikmati sebagai menu sarapan.

Nasi putih yang diaron bersama santan dan bumbu dapur ini dikukus hingga matang sehingga membuatnya memiliki aroma dan rasa yang sedap.

Tambahan lauk pendamping seperti bihun goreng, telur semur, tempe orek, dan sambal kacang juga sering melengkapi hidangan yang satu ini.

Nasi Padang

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.loperonline.com

Sesuai dengan namanya, sajian nasi yang satu ini memang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Meski begitu, nasi padang ini juga bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari tempat makan sederhana hingga restoran besar.

Biasanya ciri khas dari nasi padang ini terdapat pada berbagai macam lauk yang khas dari daerah tersebut. Mulai dari rendang, gulai ayam, sayur daun singkong, sayur nangka, sambal hijau, dan sederet olahan lainnya.

Kamu bisa menambahkan beberapa lauk yang sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk menikmatinya dengan segelas teh tawar hangat supaya lebih nikmat.

Rawon

Rawon | | 12 Rekomendasi Makanan Enak Yang Digemari Banyak Orang
Foto: www.pinterest.com/resepkoki.id

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berisi sup daging dengan kuah hitam yang berasal dari buah kluwek. Berkat hal tersebut, hidangan ini sangat unik dan dicari oleh banyak orang.

Pada umumnya, rempah-rempah yang digunakan terdiri dari bawang merah, lengkuas, kemiri, kluwek, minyak nabati, bawang putih, ketumbar, sereh, cabai, serta garam.

Kebanyakan orang juga akan menyantap hidangan ini dengan nasi, telur asin, kerupuk udang, sambal, tauge, daun bawang, dan empal daging.

Pecel Lele

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.pinterest.com/Master Chef | Food Blogger | Ideas Hunter

Makanan yang enak ini telah menjadi kuliner kaki lima yang digemari oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, tak heran jika kamu banyak menemukan kedai pecel lele di malam hari.

Walau dinamakan pecel lele, namun tidak ada tambahan sambal pecel yang berbahan kacang di dalamnya.

Melainkan makanan ini menyajikan ikan lele goreng yang disajikan bersama nasi hangat, sambal tomat, dan lalapan yang berisi kol, mentimun, kacang panjang, dan kemangi.

Biasanya ikan lele akan dibumbui terlebih dahulu kemudian digoreng garing, sehingga rasanya menjadi sangat gurih.

Martabak

12 rekomendasi makanan yang enak
Foto: www.endeus.tv

Makanan manis yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, dan telur yang ditaburi oleh berbagai macam topping ini menjadi hidangan khas yang banyak ditemui saat malam hari.

Sebutan martabak manis pun sangat beragam, tergantung dari daerahnya. Ada yang menyebut sebagai terang bulan atau martabak bangka.

Akan tetapi adonan dari cemilan ini masih tetap sama, dan yang membedakan hanyalah varian rasanya.

error: Konten dilindungi !!