12 Ide Hadiah Untuk Teman Yang Baru Melahirkan

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
Foto: www.rawpixel.com

Teman yang baru melahirkan tentu saja membutuhkan banyak barang untuk sang buah hati. Untuk itu, memberikan hadiah untuk teman yang baru melahirkan haruslah tepat.

Selain bermanfaat, kita juga dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran perlengkapan bayi, lho!

Berikut rekomendasi ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan.

Pakaian untuk Bayi dan Ibu

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
Mothercare – Beep Beep Three-piece Set

Hadiah pertama untuk teman yang melahirkan adalah pakaian bayi serta pakaian untuk sang Ibu.

Bayi perlu memakai pakaian yang nyaman dengan bahan yang lembut, tidak panas, serta mudah digunakan. Bayi umumnya masih rentan dan sensitif, sehingga perlu jeli ketika membeli baju.

Perlu diingat, karena bayi cepat tumbuh, maka kamu mesti cermat memilih pakaian bayi agar tidak kekecilan. Kamu bisa memberikan jumpsuit, legging, sarung tangan, kaus kaki, kaus dalam, maupun baju tidur,

Selain itu, tidak hanya bayi yang perlu pakaian, namun Ibu yang baru melahirkan juga butuh pakaian. Kamu dapat memberikannya pakaian yang nyaman dan tidak bikin ribet.

Salah satu pakaian untuk Ibu yang baru melahirkan adalah baju atau daster dengan resleting di bagian depan. Hal ini dapat mempermudahkan sang ibu memberikan ASI kepada bayi.

Peralatan Menyusui Bayi

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
MOOIMOM – Breastfeeding Nursing Cover

Menghadiahkan peralatan menyusui dapat menjadi alternatif lain. Kamu bisa memberikan botol susu dengan berbagai ukuran serta perlengkapan untuk membersihkannya.

Tidak hanya untuk bayi, kamu dapat menghadiahkan breast pad untuk sang Ibu.

Tempat Steril Botol Susu

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
Pumpee – Smart Steam Steriliser

Barang satu ini tentunya sangat berguna. Setelah mencuci botol susu, pasti akan bingung memilih tempat yang cocok untuk menaruh botol susu.

Untuk itu, perlu menggunakan tempat khusus botol susu bayi. Tempat ini akan membuat botol susu tetap steril dari kuman atau kotoran apa pun.

Perlengkapan Mandi Bayi

Mothercare Spring Flower Baby Bath
Mothercare – Spring Flower Baby Bath

Kado selanjutnya adalah perlengkapan mandi untuk bayi. Banyak alat mandi bayi yang bisa ditemui di mana-mana. Meski begitu, tetap memilih perlengkapan mandi yang aman untuk si kecil.

Beberapa perlengkapan mandi bayi yang dibutuhkan seperti bathtub yang tidak licin dengan ukuran mengikuti bentuk tubuh bayi.

Selain itu, handuk yang lembut dan dapat menyerap air dengan cepat, waslap untuk membersihkan celah-celah tubuh bayi, bola kapas untuk membersihkan kotoran pada bayi, maupun sabun dan sampo bayi .

Gendongan

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
Belabebo – Swaddle Blanket

Di Indonesia biasanya untuk menggendong bayi memakai kain jarik motif batik. Namun, kini sudah banyak model gendongan bayi yang dapat kamu berikan sebagai hadiah untuk teman yang barumelahirkan.

Kamu bisa menanyakan lebih dahulu kepada temanmu, jenis gendongan seperti apa yang sedang dibutuhkan.

Tas untuk Perlengkapan Bayi

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
Kottonville – Bello Baby Caddy Bag Multifunction Portable Bag

Ketika si bu ingin pergi bersama sang buah hati, tentunya memerlukan tas yang dapat menampung berbagai kebutuhan bayi.

Kamu bisa memberikan kado tas dengan muatan yang memiliki banyak ruang, kuat, mudah dibersihkan, serta dilengkapi dengan kantong berinsulasi.

Stroller

DOONA Stroller and Infant Car Seat Royal Blue
DOONA – Stroller and Infant Car Seat – Royal Blue

Hadiah untuk teman yang melahirkan selanjutnya adalah stroller. Perlengkapan bayi satu ini dapat mempermudahkan si Ibu ketika pergi ke luar rumah dan membawa banyak barang.

Pilihlah stroller yang kuat, ringan didorong, dan gampang untuk dilipat serta dibuka. Hal ini agar memudahkan ketika memakainya, apalagi ketika sedang berada dalam kondisi buru-buru.

Selain itu, sebelum membeli stroller, kamu wajib cek detailnya. Ada stroller yang diperuntukan untuk bayi yang baru lahir, serta ada juga stroller untuk bayi berusia enam bulan ke atas.

Perlengkapan Tidur Bayi

Mothercare Bugaboo Stardust Travel Cot
Mothercare – Bugaboo Stardust Travel Cot

Kebutuhan bayi lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah perlengkapan tidur bayi. Tentunya bayi butuh perlengkapan tidur yang nyaman dan aman digunakan.

Untuk itu, ada beberapa kado perlengkapan tidur bayi yang dapat kamu berikan, seperti tempat tidur, selimut, perlak, maupun seprei,

Baby Car Seat

Babyshop Juniors Speedwell Baby Car Seat
Babyshop – Juniors Speedwell Baby Car Seat

Meski teman kamu belum butuh kursi bayi untuk di mobil, tapi tidak ada salahnya untuk membelinya.

Bagi beberapa orang tua, sering kali tak acuh memperhatikan keselamatan pada bayi ketika di mobil. Perlu diingat bahwa kursi mobil khusus bayi penting untuk digunakan karena akan mengurangi risiko cedera pada bayi,

Pompa ASI

12 ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan
Mothercare – Philips Avent Single Electric Breastpump

Kado selanjutnya yang dapat kamu berikan kepada teman adalah pompa ASI. Alat ini dibutuhkan bagi sang Ibu ketika tidak bisa memberikan ASI secara langsung.

Oleh karena itu, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, perlu memerah ASI ketika mengalami kondisi seperti payudara sangat bengkak. Bayi tidak dapat minum untuk sementara waktu, bagian puting lecet, maupun untuk merangsang pengeluaran ASI.

Bouncer

Mothercare 4Moms Mamaroo 4.0 Asia Silver
Mothercare – 4Moms Mamaroo 4.0 Asia Silver

Ide hadiah untuk teman yang baru melahirkan selanjutnya adalah bouncer. Barang ini diperlukan ketika sang Ibu terlalu repot menggendong bayi sementara juga harus melakukan pekerjaan lain.

Ketika bingung meletakkan bayi, maka memakai bouncer dapat menjadi solusi. Sebelum membeli barang ini, kamu perlu memastikan bouncer kokoh, tempat dudukan yang aman dan nyaman, hingga mengecek sabuk pengaman.

Kursi Makan Bayi

Babyshop High Chair Multiply 6in1 Cosy Spaces
Babyshop – High Chair Multiply 6in1 Cosy Spaces

Rekomendasi kado berikutnya adalah memberikan kursi makan untuk bayi. Dengan begitu, ini akan membuat sang Ibu senang karena bisa menyuapi anak dengan tenang.

Selain itu, menghadiahkan kursi makan bayi juga dapat memberikan manfaat lain, salah satunya adalah Ibu bisa mengajarkan tentang disiplin sejak dini.