Ini 12 Cara Menjaga Kesehatan Yang Bisa Kamu Terapkan Sekarang Juga

12 cara menjaga kesehatan
Foto: www.canva.com

Rasanya, hampir setiap orang tidak ada yang ingin terkena serangan penyakit. Meski mengikuti gaya hidup sehat mungkin dianggap sangat rumit bagi sebagian orang, namun sangat perlu untuk mengetahui cara menjaga kesehatan yang tepat.

Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal, berikut beberapa cara menjaga kesehatan yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang.

12 Cara Mudah dan Aman untuk Menjaga Kesehatan

12 cara menjaga kesehatan
Foto: www.freepik.com

Untukmu yang ingin memiliki tubuh sehat, berikut tips menjaga kesehatan agar semakin optimal.

Batasi minuman manis

Minuman manis seperti soda, jus buah, dan teh manis merupakan sumber utama dari gula tambahan.

Meski rasanya nikmat, namun sayangnya minuman manis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe-2, bahkan pada individu yang tidak memiliki lemak tubuh berlebih.

Selain pada orang dewasa, minuman yang dimaniskan dengan gula juga sangat berbahaya pada anak-anak.

Sebab dapat berkontribusi pada obesitas yang mana dapat berkembang hingga dewasa dan menyebabkan diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati.

Untungnya terdapat alternatif yang lebih sehat untuk dikonsumsi, seperti air putih, teh tanpa pemanis, air soda, dan kopi.

Konsumsi kacang dan biji-bijian

Walaupun beberapa orang menghindari kacang-kacangan karena mengandung lemak yang tinggi. Namun sesungguhnya kacang-kacangan dan biji-bijian sangatlah bergizi, sebab dikemas dengan protein, serat, dan berbagai vitamin serta mineral.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ini dapat membantumu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, makanan yang satu ini juga mampu mengurangi risiko diabetes tipe-2 dan penyakit jantung.

Selain itu, sebuah studi observasional besar mencatat bahwa asupan rendah kacang-kacangan dan biji-bijian berpotensi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung, stroke, atau diabetes tipe-2.

Tidur cukup

Memiliki kualitas tidur yang cukup menjadi salah satu cara menjaga kesehatan yang paling penting. Sebab, jam tidur yang berantakan dapat mendorong resistensi insulin, mengganggu hormon nafsu makan, dan mengurangi kinerja fisik serta mental.

Selain itu, susah tidur juga dapat menjadi faktor risiko penambahan berat badan dan obesitas.

Menurut sebuah penelitian, orang yang kurang tidur cenderung akan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, dan kalori, sehingga berpotensi untuk menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Hindari makanan ultra-olahan

Makanan ultra-olahan adalah makanan yang telah mengalami beberapa proses transformasi, termasuk pemanasan pada suhu tinggi dan ditambah dengan zat tambahan lainnya.

Mulai dari gula tambahan, minyak, garam, pengawet, pemanis buatan, dan pewarna buatan. Contoh dari makanan ultra-olahan di antaranya:

  • Kue camilan
  • Makanan cepat saji
  • Makanan beku dan kaleng
  • Keripik

Walau makanan ultra-olahan memiliki rasa yang lezat sehingga sering dimakan secara berlebihan. Hal ini pun dapat menyebabkan konsumsi kalori yang berlebih, sehingga bisa menambah berat badan.

Baca Juga :  8 Manfaat Ketumbar yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut sebuah studi, mengonsumsi makanan ultra-olahan dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari obesitas, diabetes tipe-2, penyakit jantung, dan kondisi kronis lainnya.

Perhatikan asupan kopi

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, beberapa penelitian menghubungkan asupan kopi dengan umur panjang dan penurunan risiko diabetes tipe-2, serta penyakit lainnya.

Namun, jumlah asupan yang disarankan adalah sebanyak tiga hingga empat cangkir per hari. Akan tetapi wanita hamil harus membatasi atau bahkan menghindari sepenuhnya asupan kopi untuk mencegah berat badan bayi yang rendah.

Pastikan kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang. Sebab asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti insomnia dan jantung yang berdebar.

Konsumsi ikan berlemak

Sesungguhnya, ikan merupakan sumber protein berkualitas tinggi serta lemak sehat. Terutama pada ikan berlemak seperti salmon yang kaya akan asam lemak omega-3, anti-inflamasi, dan berbagai nutrisi lainnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko lebih rendah dalam penyakit jantung, demensia, dan penyakit radang usus.

Pastikan tubuh terhidrasi

Hidrasi menjadi salah satu hal yang sering diabaikan. Padahal memastikan tubuh tetap terhidrasi menjadi salah satu cara menjaga kesehatan yang mudah dan memiliki manfaat baik, sebab bisa membuat tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah meminum air putih. Sebab, air bebas dari kalori, gula, dan zat tambahan.

Perbanyak makan buah dan sayur

Sayuran dan buah-buahan kaya akan serat prebiotik, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang memiliki efek kesehatan yang tinggi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan cenderung hidup lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lainnya.

Berolahraga secara rutin

Cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Mulai dari melakukan latihan aerobik atau kardio, ini menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Olahraga yang satu ini dapat bermanfaat untuk mengurangi lemak perut, jenis lemak berbahaya yang menumpuk pada organ. Dengan berkurangnya lemak perut, hal ini dapat menyebabkan peningkatan besar dalam kesehatan metabolisme tubuh.

Hindari merokok

Merokok dan menggunakan obat-obatan berbahaya serta penyalahgunaan alkohol dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika kamu melakukan salah satu tindakan ini, maka pertimbangkanlah untuk berhenti.

Sebab ini dengan mengurangi dan berhenti, nantinya bisa membantu meminimalkan risiko penyakit kronis.

Latihan angkat beban

Latihan kekuatan dan ketahanan merupakan bentuk olahraga terbaik yang dapat memperkuat otot dan memperbaiki komposisi tubuh. Hal ini juga dapat berdampak langsung pada kesehatan metabolisme.

Menurut sebuah penelitian, direkomendasikan untuk melakukan latihan angkat beban berat sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Ini Manfaat Gandum Yang Wajib Kamu Tahu

Bermeditasi

Mengalami stres juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Ini dapat memengaruhi kadar gula darah, kerentanan terhadap penyakit, distribusi lemak, pemilihan makanan, dan berat badan.

Oleh karenanya, penting untuk menemukan cara yang sehat untuk mengelola stress.

Dan salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan melakukan meditasi yang telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat baik untuk manajemen stres dan meningkatkan kesehatan.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 48 orang dengan mengidap beberapa gangguan kesehatan, meditasi dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan peradangan.

Selain itu, para peserta juga melaporkan bahwa terdapat peningkatan kesehatan mental dan fisik setelah melakukan meditasi.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Ternyata beberapa langkah yang sederhana dapat membantumu untuk memperbaiki pola makan dan menjaga kesehatan.

Akan tetapi ketika kamu memutuskan untuk mencoba menjalani hidup yang lebih sehat, maka disarankan tidak hanya fokus pada makanan yang dikonsumsi. Namun pertimbangkan juga untuk melakukan olahraga dan tidur yang cukup.