Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan

10 makanan mengandung mineral
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Mineral menjadi salah satu nutrisi yang memiliki peran penting di dalam tubuh yang terbagi menjadi dua kategori, yakni makromineral dan mikromineral. Untuk meningkatkan asupan ini, kamu perlu mengonsumsi makanan mengandung mineral.

Berikut 10 makanan mengandung mineral yang bisa dikonsumsi dengan mudah dan pastinya dapat meningkatkan kadar nutrisi di dalam tubuh.

Kacang dan Biji-bijian

10 makanan mengandung mineral
Foto: www.canva.com

Kacang-kacangan dan biji-bijian menjadi makanan yang kaya akan berbagai mineral, mulai dari magnesium, seng, mangan, tembaga, selenium, dan fosfor.

Menurut sebuah penelitian, makanan yang mengandung mineral ini memang kaya akan nutrisi. Dalam 100 gram kacang almond mengandung 273 mg kalsium, 258 mg magnesium, 684 mg potasium, dan berbagai nutrisi lainnya.

Sementara  dalam 100 gram biji bunga matahari mengandung 358 mg magnesium, 689 mg potassium, dan 532 mg sodium.

Makanan ini dapat dijadikan sebagai cemilan penuh nutrisi yang nyaman di perut dan mengenyangkan. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti menambahkannya ke dalam smoothie, oatmeal, atau pada sayuran segar.

Kerang

10 makanan mengandung mineral
Foto: www.canva.com

Jenis kerang-kerangan seperti tiram, kerang hijau, dan remis juga merupakan makanan yang mengandung mineral tinggi, seperti selenium, seng, tembaga, dan besi.

Dengan mengonsumsi enam tiram berukuran sedang atau setara dengan 84 gram dapat memenuhi kebutuhan zat besi sebanyak 3,87 mg dan kalsium sebesar 49,6 mg.

Mineral yang terkandung di dalam makanan ini dapat berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, produksi DNA, dan produksi protein.

Oleh karenanya, kamu bisa mengonsumi sekaligus mengolahnya dengan berbagai resep, seperti kerang tiram saus Paang, kerang bumbu kuning, dan berbagai variasi lainnya.

Sayuran

sayuran 1 | | Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan
Foto: www.canva.com

Kembang kol, brokoli, lobak Swiss, dan kubis Brussel, juga sering kali dikaitkan sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Sehingga tak heran jika sayuran ini dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi penyakit kronis.

Jenis sayuran silang ini diperkaya dengan sulfur, mineral yang dapat berperan dalam produksi DNA, detoksifikasi, dan sintetis antioksidan kuat yang ada di dalam tubuh.

Selain belerang, beberapa sayuran ini juga mengandung mineral lain, termasuk magnesium, potassium, mangan, dan kalsium.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebus, menumis, atau menambahkannya dengan berbagai bahan makanan lain, seperti ayam, daging, atau bakso.

Daging Jeroan

10 makanan mengandung mineral
Foto: www.canva.com

Meski lebih dikenal sebagai makanan dengan sumber protein, namun daging organ merupakan makanan mengandung mineral tinggi.

Dalam sepotong hati sapi (68 gram) dapat memenuhi kebutuhan mineral harian, karena mengandung 24,5 mcg selenium, 14,3 mg magnesium, 9,7 mg tembaga, dan sederet nurisi lainnya.

Supaya lebih nikmat, cobalah untuk mengolahnya menjadi berbagai hidangan, mulai dari sambal hati goreng, hati sapi asam manis, atau semur daging hati.

Telur

telur 1 | | Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan
Foto: www.canva.com

Makanan mengandung mineral ini sering disebut sebagai sumber makanan alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya di dalam telur utuh akan mengandung berbagai nutrisi, termasuk mineral penting, seperti zat besi, fosfor, seng, dan selenium.

Meski beberapa orang justru menghindari kuning telur karena mengandung kolesterol, namun nyatanya bagian telur yang berwarna kuning ini mengandung hampir semua vitamin, mineral, dan senyawa bermanfaat lainnya.

Sehingga ada baiknya untuk memakan seluruh telur, tak hanya bagian putihnya saja.

Selain merebusnya, juga bisa mengolah telur menjadi gulai telur, opor, atau telur bumbu bali, semuanya bisa kamu buat sesuai dengan selera.

Kakao

kakao 1 | | Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan
Foto: www.canva.com

Untuk meningkatkan kadar mineral dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi kakao yang kaya akan magnesium dan tembaga. Nantinya nutrisi ini dibutuhkan untuk produksi energi, mengatur tekanan darah, fungsi saraf, dan kontrol gula darah.

Sementara tembaga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, metabolisme karbohidrat, penyerapan zat besi, pembuatan sel darah merah, dan berbagai peranan penting lainnya.

Jika ingin mengonsumsinya, cobalah untuk menambahkan kakao ke dalam smoothie, yoghurt, atau memakan produk cokelat.

Alpukat

alpukat 1 | | Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan
Foto: www.canva.com

Buah yang kaya akan lemak dan serat ini juga mengandung mineral yang tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan magnesium, potassium, mangan, dan tembaga.

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Cobalah untuk menambahkan alpukat ke dalam salad buah dan sayur, atau mengonsumsinya dalam bentuk jus buah.

Buah Beri

10 makanan mengandung mineral
Foto: www.canva.com

Baik itu stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, keempatnya merupakan sumber mineral penting yang baik untuk kesehatan. Sebab di dalamnya mengandung potassium, magnesium, dan mangan yang baik.

Mineral tersebut dapat membantu proses metabolisme energi dan fungsi sistem kekebalan tubuh serta saraf. Selain itu, nutrisi ini juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tulang dan jaringan ikat.

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah beri secara langsung, atau kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus, salad buah, atau selai.

Yoghurt dan Keju

10 makanan mengandung mineral
Foto: www.freepik.com

Produk susu, termasuk yoghurt dan keju merupakan sumber kalsium yang paling baik. Nantinya mineral ini dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf serta kesehatan jantung.

Dengan menambahkan produk susu berkualitas ke dalam pengaturan pola makan dapat meningkatkan asupan mineral dalam tubuh, termasuk kalsium, kalium, fosfor, seng, dan selenium.

Jika kamu memiliki alergi terhadap makanan yang satu ini, cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung mineral lainnya seperti kacang atau sayuran hijau.

Buah Tropis

buah tropis 1 | | Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Sesuai namanya, buah-buahan ini biasanya tumbuh di iklim tropis atau sub tropis, di antaranya adalah pisang, mangga, nanas, markisa, jambu biji, dan nangka.

Selain kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin, ternyata beberapa buah tropis juga kaya akan mineral.

Salah satu buah tropis yang paling terkenal yakni pisang, dikemas dalam berbagai mineral, mulai dari potassium, magnesium, dan mangan.

Coba tambahkan beberapa buah tropis beku ke dalam smoothie. Selain itu, bisa juga mengombinasikannya dengan oatmeal, yogurt, atau salad untuk meningkatkan asupan mineral dalam tubuh.  

Kesimpulan

mineral menjadi nutrisi penting untuk kesehatan tubuh 1 | | Ini 10 Makanan Yang Mengandung Mineral Tinggi Dan Baik Untuk Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Mineral menjadi nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, termasuk menjalankan fungsinya dengan baik dan mencegah risiko berbagai penyakit.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjaga kadar mineral dan mencukupinya asupannya dengan baik.

Beruntungnya, ada banyak makanan mengandung mineral yang bisa kamu konsumsi dengan mudah. Kamu bisa memakannya secara rutin untuk meningkatkan asupan mineral.

error: Konten dilindungi !!