Ini 10 Destinasi Traveling Terbaik 2020 versi Lonely Planet

Foto: www.gettyimages.com

Rekomendasi ini berasal dari Lonely Planet, jadi patut dipertimbangkan. Apalagi, 10 destinasi 2020 ini diperoleh setelah publikasi tersebut bertanya kepada sejumlah penulis dan editor traveling serta social media influencers. Ohya, salah satu pertimbangan utama dari daftar ini adalah wisata ramah lingkungan! Mantap. Jadi, siapkan paspor—dan menabunglah dari sekarang agar bisa mengunjungi 10 destinasi 2020 di bawah ini.

Butan

Foto: www.shutterstock.com

Liburan ke negara ini memang tidak murah, tapi biaya yang kamu keluarkan memang diperuntukkan untuk menjaga kelestarian alam di sekitarnya. FYI, Butan adalah satu-satunya negara di dunia dengan level karbon negatif dan kabarnya akan menjadi negara organik tahun depan! Wow.

Inggris

Foto: www.shutterstock.com

Well, secara politik Inggris memang sedang mengalami cukup banyak isu. Akan tetapi, jangan biarkan hal tersebut menghalangimu untuk menikmati keindahan alamnya, terutama berjalan di sekitar garis pantai. Di tahun 2020, bagian baru dari England Coast Path akan dibuka untuk umum.

Makedonia Utara

Foto: www.gettyimages.com

Dulu dikenal dengan nama Makedonia, tapi berkat sebuah perjanjian baru dengan Yunani, akhirnya negara ini memakai nama barunya. Tahun depan, selain menikmati kuliner, keindahan alam dan budayanya, pastikan kamu mendatangi Lake Ohrid. Danau yang dilindungi oleh Unesco ini akhirnya boleh dikunjungi oleh publik.

Aruba

Foto: www.gettyimages.com

Aruba, Aruba! Negara ini dikenal dengan budaya dan seninya. Selain itu, satu hal yang patut dihargai dan membuat datang ke tempat ini adalah menyaksikan usahanya untuk menjadi negara yang berkelanjutan. Di antaranya, melarang penggunaan plastik sekali pakai dan tabir surya yang menghancurkan terumbu karang. Dan berbicara tentang terumbu karang, yep… pantai-pantai di Aruba cantik banget!

eSwatini

Foto: www.gettyimages.com

Namanya kekinian banget, ya? Sebelumnya negara ini bernama Swaziland dan bisa dibilang salah satu negara di Afrika bagian Selatan yang masih jarang dikunjungi oleh turis. Nah, dengan keberadaan bandara internasional baru, infrastruktur yang semakin baik dan lokasi-lokasi konservasi baru diharapkan makin banyak yang datang ke sini.

Kosta Rika

Foto: www.gettyimages.com

Jika aktivitas yang ingin kamu lakukan saat liburan adalah melihat kungkang tidur, kodok mata merah, ikan paus, jaguar, gunung berapi, berarti ini adalah tujuan idamanmu. Hebatnya lagi, meski negara kecil, 90% sumber energi dari negara ini berasal dari sumber yang bisa diperbaharui. Diperkirakan tahun depan, negara ini akan menjadi salah satu negara dengan karbon-netral.

Belanda

Foto: www.shutterstock.com

Sudah pernah ke sini? Pasti pengen ke sini lagi, ‘kan? Negara kecil ini memang menawarkan segalanya, mulai dari keindahan alam, budaya dan seni. Apalagi tahun depan, negara ini akan menjadi tuan rumah Eurovision Song Contest! Bisa dibayangkan kehebohan dan dandanan di seluruh penjuru negara.

Liberia

Foto: www.shutterstock.com

Kecantikan alam adalah kebanggaan utama negara ini. Sebut saja pantai-pantai yang masih perawan dan sunyi serta hutan hujan dengan penghuni eksotis di dalamnya. Perjanjiannya dengan Norwegia (2020) untuk menghentikan deforestasi, akan memastikan hutan alamnya akan tetap lestari untuk waktu yang lama.

Maroko

Foto: www.shutterstock.com

Kereta cepat pertama Afrika akan ada di sini, dan ini berarti kamu bisa loncat dari satu kota ke kota lain dengan cepat. Pagi hari menikmati festival budaya, sore harinya menikmati ketenangan dan keindahan pedesaan, pantai atau gurun. Tinggal pilih.

Uruguai

Foto: www.shutterstock.com

Ada banyak hal yang membuatmu harus menjadikan negara ini destinasi wajib 2020, salah satu di antaranya: suasana yang santai. Penduduk lokal juga sangat ramah terhadap wisatawan. Nikmati itu semua, sambil rileks di sekitar garis pantai sembari disuguhi pemandangan cantik yang membuatmu terharu.

Selanjutnya, meski cantik, destinasi ini menjadi tujuan wisata paling berbahaya di 2020. Dan sebelum liburan, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi ini—terutama jika melakukan solo traveling.