10 Makanan Kaya Serat yang Wajib Dikonsumsi Tiap hari

Foto: www.gettyimages.com

Seandainya kamu butuh diingatkan (karena begitu banyak yang menjadi sumber kecemasan dan bahan pikiran saat ini), serat sangat penting dikonsumsi tiap hari. Pasalnya, serat membantu mengurangi kolesterol LDL, level gula darah, meningkatkan penyerapan mineral, dan membuat kamu kenyang lebih lama. Dan oh, pastinya, serat membantu melancarkan pencernaan—yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovasluar, kanker dan diabetes tipe 2. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics rekomendasi asupan serat harian orang dewasa adalah 25-35. Nah, untuk memenuhi kebutuhan in kita perlu mengonsumsi makanan berserat. Butuh informasi tentang contoh makanan berserat? Berikut 10 contoh makanan dengan serat tinggi, jadi pastikan selalu ada di rumah dan kamu konsumsi dengan teratur.

Buckwheat

contoh makanan berserat
Foto: www.freepik.com

Serat: 17 gram

Well, meski ada kata “wheat” di namanya, buckwheat berasal dari jenis tanaman berbeda dari wheat lainnya. Dan jika ingin dibandingkan dengan jenis “gandum” lainnya, buckwheat bisa dibilang memiliki lebih banyak serat dan protein. Dalam satu gelas buckwheat terdapat 17 gram serat. Selain itu, tidak hanya sangat bernutrisi dan gluten-free, contoh makanan berserat ini juga kaya dengan flavonoid, yang bisa mengurangi inflamasi.

Oat

contoh makanan berserat
Foto: www.rawpixel.com

Serat: 16 gram

Oat adalah jenis gandum utuh, ini artinya kaya serat tidak larut dan larut. Faktanya, dalam satu gelas oat mengandung 16 gram serat, yang pas banget untuk mengaktivasi sistem pencernaan di pagi hari.

Kacang Lima

Foto: www.istockphoto.com

Serat: 16 gram

Contoh makanan berserat lain adalah kacang lima, yang juga kaya akan protein. Dalam satu gelas kacang lima rebus mengandung 16 gram protein dan 15 gram serat makanan. Tidak hanya itu, jenis kacang-kacangan ini juga menyediakan zat besi, magnesium dan potasium.

Lentil

contoh makanan berserat
Foto: www.unsplash.com

Serat: 15 gram

Lentil tersedia dalam beberapa warna, dan setiapnya memiliki phytonutrients yang unik. Akan tetapi, pada dasarnya satu gelas lentil yang dimasak menyediakan 15 sampai 18 gram protein dan 200-400 kalori. Selain itu, contoh makanan berserat ini juga merupakan sumber karbohidrat komplek yang baik, sehingga membuatmu kenyang lebih lama, gula darah lebih seimbang, dan menyehatkan pencernaan.

Alpukat

contoh makanan berserat
Foto: www.rawpixel.com

Serat: 13,5 gram

Alpukat adalah contoh makanan berserat yang tidak larut (insoluble fiber). Mengombinasikannya dengan makanan asin bisa mengurangi bloat yang disebabkan oleh sodium. Pasalnya, alpukat kaya akan potasium, yang bisa membantu menyeimbangkan level sodium.

Biji Bunga Matahari

contoh makanan berserat
Foto: www.gettyimages.com

Serat: 12 gram

Satu gelas biji bunga matahari mengandung 12 gram serat. Tidak hanya itu, contoh makanan berserat ini juga menyediakan 9% dari asupan harian magnesium yang direkomendasikan dan 14% dari asupan seng.

Chia Seeds

Foto: www.unsplash.com

Serat: 11 gram

Dua sendok makan chia seeds mengandung 140 kalori dengan 4 gram protein, 7 gram lemak tak jenuh, dan 11 gram serat. Chia seeds juga mengandung zeng, tembaga, antioksidan, dan 18% dari kalsium harian yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya itu, chia seeds juga merupakan sebuah protein lengkap, yang artinya memiliki sembilan asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri orang tubuh.

Jambu Biji

contoh makanan berserat
Foto: www.shutterstock.com

Serat: 9 gram

Studi memperlihatkan bahwa jambu biji bisa berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-mikrobial. Dalam satu gelas jambu biji mengandung 9 gram serat dan 377 mg vitamin C. Ini artinya, buah ini juga bagus untuk memenuhi asupan harian vitamin C kamu.

Artichoke

contoh makanan berserat
Foto: www.rawpixel.com

Serat: 7 gram

Mungkin sayuran ini masih terdengar asing di telinga atau belum pernah kamu coba, tapi patut dipertimbangkan karena artichoke adalah salah satu sayuran dengan serat tertinggi. Satu buah artichoke mengandung hampir 7 gram serat, sementara satu kaleng memiliki 5 gram serat.

Bunga Kol

Foto: www.unsplash.com

Serat: 5 gram

FYI, satu biji kepala bunga kol kecil mengandung 5 gram serat. Tidak hanya itu, cruciferous vegetable ini kaya akan vitamin C dan glucosinolate—senyawa tanaman yang mengandung anti-kanker, anti-inflamasi dan mendetoks tubuh. Plus, dalam satu gelas kembang kol mengandung 320 gram potasium yang penting untuk melancarkan peredaran darah, kontraksi otot, dan meredakan otot tegang.

Selanjutnya: Dan berbicara tentang makanan dari kacang, apakah makanan kedelai berbahaya untuk perempuan? Baca penjelasan seorang ahli gizi di sini.